Selasa, 23 Oktober 2012

piranti proses

-->
PIRANTI PROSES
1.1 PIRANTI PROSES
Piranti proses adalah adalah alat dimana instruksi – instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat Peranti masukan dan hasilnya akan ditampilkan di Peranti keluaran. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk (parent process). Proses turunantersebut juga mampu membuat.
Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut dapat memperoleh sumber-daya seperti waktu CPU, memori, berkas, atau perangkat I/O. Sumber daya ini dapat diperoleh langsung dari sistem operasi, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi. Pranti proses terdiri dari Central Processing Unit (CPU) dan Main Memory .
1.2 Pengelolaan Proses
Proses perlu dikelola karena dalam sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O. Perkembangan sistem komputer mendatang adalah menuju ke sistem multi- processing, multiprogramming, terdistribusi dan paralel yang mengharuskan adanya proses-proses yang berjalan bersama dalam waktu yang bersamaan. Hal demikian merupakan masalah yang perlu perhatian dari perancang sistem operasi. Kondisi dimana pada saat yang bersamaan terdapat lebih dari satu proses disebut dengan kongkurensi (proses-proses yang kongkuren).
Proses-proses yang mengalami kongkuren dapat berdiri sendiri (independen) atau dapat saling berinteraksi, sehingga membutuhkan sinkronisasi atau koordinasi proses yang baik. Proses tersebut tidak lepas dari peran prosesor sebagai pengendali dari berjalannya sebuah proses
Piranti proses terdiri dari dua bagian penting, yaitu Unit Pemroses Sentral (CentralProcessing Unit/CPU) dan Main Memory.
1.3 CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak yang dimasukkan melalui piranti masukan. CPU seringkali disebut sebagai prosesor oleh banyak orang. Pada Mikrokomputer, prosesor disebut sebagai Mikroprosesor. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.Processor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputeryang melakukan pemerosesan dan operasi perhitungan dan logika terhadap instruksiprogram yang diberikan ke komputer.Kinerja dari setiap jenis processor bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
1.            Kecepatan Clock
2.            Lebar register/data bus internal
3.            Lebar data bus eksternal
4.            Kapasitas cache memori (L1 dan L2)
di tampilkan hasilnya ke alat output.
Daftar MicroPrcessor Yang Umum Dikenal :
AMD : Athlon, Athlon 64, Athlon XP, Duron, Opteron, Sempron, Turion.
ARM : ARM.
Digital Equipment Corporation: V-11, MicroVAX 78032, CVAX, Rigel, Mariah, NVAX, Alpha, StrongARM.
Elbrus : Elbrus-3
Fairchild Semiconductor : Clipper.
Hewlett-Packard :Capricorn, FOCUS, PA-7000 ~ PA-8900, Saturn.
IBM : IBM 801, Cell Processor, Broadway Processor.
POWER : POWER 1 ~ 6, RISCSingleChip, P2SC.
PowerPC-AS : A10, A25, A30, RS64.
Intel : Itanium, Xeon, Core i5, Core i7, Core 2, Core, Pentium ( Pro, MMX, II, III, 4, D, M, Dual-Core), Celeron, Atom.
MIPS Technologies : R2000, R3000, R3000A, R4000, R4400, R6000, R8000, R10000, R12000, R14000, R16000.
National Semiconductor : NS320xx.
NEC : V20/V25/V40 dan V30/V33/V50.
SPARC : SPARC.
Texas Instruments : TMS1000, TMS1100, TMS7000, TMS9900.
VIA : VIA, VIA C3, VIA C7, VIA Eden.
Western Electric : WE-32000.
Zilog : Zilog, Z80, Zilog Z8000.
CPU terdiri atas tiga komponen, yaitu:
- Control Unit, atau Unit Kontrol, bertugas sebagai pusat dari pengendalian komputer yaitu mengambil berbagai data dan instruksi dari memori untuk diproses, menyeleksi instruksi yang berhubungan dengan fungsi logika dan aritmetika dan mengirimkannya ke bagian ALU untuk diproses, mengawasi kerja ALU, mengatur alat-alat input output, dan membawa kembali hasil (output) pemrosesan ke memori utama.
- ALU (Arithmetic and Logical Unit), berfungsi melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan instruksi program.
- Register, berfungsi sebagai memori tempat penyimpanan data atau instruksi yang akan diproses. Data dari memori utama (RAM) diambil kemudian ditempatkan di register, selanjutnya data dari registerlah yang diproses.
Cara Kerja
Saat sebuah program akan dieksekusi, maka isi program tersebut yang berada di dalam harddisk diambil dan di masukkan ke RAM. Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Storage sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data tersebut di ambil oleh Control Unit di simpan di Register. Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output.
1.4 Main Memory
A. RAM

Random Access Memory sering disebut juga dengan RAM. Alat ini terletak di atas motherboard. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memori internal (Internal Memory) bisa disebut juga memori utama (main memory) dan memori primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat data atau program. Fungsi utama memori utama atau RAM yaitu:
a. menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untukdiproses.
b. menyimpan data dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
c. menampung program atau instruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewatalat input.
2.Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksiprogram yang akan di proses.
3.Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah danhasil dari pengolahan.
4.Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahandata yang akan ditampilkan ke alat outputInput yang dimasukkan lewat alat input, pertama kali ditampung terlebih dahulu diinput storage, bila input tersebut berbentuk program, maka dipindahkan keprogram storage dan bila berbentik data, akan dipindahkan ke working storage.Hasil dari pengolahan juga ditampung di working storage dan hasil yang akanditampilkan ke alat output dipindahkan ke output storage.
B. ROM

Read Only Memory sering disebut juga dengan ROM. Alat ini digunakan untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM memiliki sifat permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware yaitu piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras.
C.    Floppy Disk Drive


Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuahdisket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yangberukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisidata dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuahmagnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.

D.   CD-ROM drive

Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD).ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yanghanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yangdapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis)
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alatpembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

1.5   Motherboard

Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti microprocessor, chipset, memori, basic input-output system (bios), expansion slots (untuk hard disk, cdrom, video vard, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi di dalamnya. Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
 Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuitelektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
-->
Terutama sekali, sedikitnya ada 7 hal yang harus diperhatikan pada sebuah motherboard. Ketujuh komponen tersebut adalah :
1. Chipset
2. Tipe CPU
3. Slot dan tipe memori
4. Cache memory
5. Sistem BIOS
6. Slot ekspansi
7. Port I/O

Disebut chipset karena barang satu ini umumnya merupakan sepasang chip yang mengendalikan prosessor dan fitur-fitur hardware yang ada pada mortherboard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, yang satu buah disebut North Bright chip dan satu lagi dipanggil South Bridge chip, bisa dibilang merupakan panglima tertinggi pada sebuah system bernama motherboard.Saat ini, terdapat banyak motherboard dengan chipset yang berbeda-beda. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menentukan beberapa hal antara lain.

1. Tipe prosesor yang bisa digunakan
2. Jenis memori yang bias mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya
3. Kelengkapan I/O yang mampu disediakan
4. Tipe display adapter yang bisa digunakan
5. Lebar data pada motgherboarad yang bisa didukung
6. Ketersedian fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem onboard).

Jenis CPU

Jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Jenis CPU berbeda berdasarkan jenis socket pada motherboard, dan jumlah socketnya.

Slot Memory

Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalan pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.

Slot Ekspansi

Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi yang tersedia, seperti PCI bus minimal tipe 2.1, AGP bus 4 X support (minimum) dan ISA bus. Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang akan dipasang. Sebaiknya masih tersisa slot kosong untuk memasang card adapter yang mungkin diperlukan.

Port I/O

Periksa jenis dan jumlah port I/O yang tersedia seperti USB, Audio, serial dan parallel port. Sesuaikan dengan kebutuhan piranti eksternal.
Jika anda membutuhkan port I/O lebih maka anda dapat membelinya secara terpisah.
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar