Senin, 17 Desember 2012

Perangkat Lunak Aplikasi


Perangkat Lunak Aplikasi
Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Sebuah komputer jika tidak ada software maka sebuah perangkat keras hanyalah sebuah barang rongsokan tidak berguna. Karena Software bisa di ibaratkan semacam otak dari semua perangkat keras (Hardware). Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
Sumber : http://ikabuntud.blogspot.com/2012/03/makalah-software.html diakses pada Jum’at, 07 Desember 2012 pada pukul 00.30 WIB
1.      Klasifikasi Perangkat Lunak
Menurut cara memperolehnya software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:
a)      Freeware
Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan.salah satu  contoh freeware adalah Paint.net
b)      Shareware
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
c)       Propietary software
Propietary software sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
d)      Open source
Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna.

Sumber : http://sofisitis.blogspot.com/2012/11/makalah-perangkat-lunak-aplikasi.html diakses pada Jum’at 07 Desember 2012, pada pukul 00.21 WIB.

e)      Free software
Perangkat lunak yang disertai kode sumber dapat digunakan oleh siapa saja, dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai selama lisensi memperkenankan.
f)       Rentalware
Perangkat lunak yang dapat digunakan dengan cara menyewa, didalamnya terdapat hak cipta
g)      Perangkat lunak domain publik
Perangkat unak yang tidak disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya sendiri dan mengenakan hak cipta.

2.      Versi dan Rilis
·      Versi menyatakan perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya dinyatakan dengan dengan bilangan semacam berikut: 2.0, 3.0, 4.0
·      Rilis menyatakan perubahan kecil terhadap versi yang yang sama. Rilis biasa dinyatakan dengan angka di belakang tanda titik. Contoh: 4.1, 4.13

3.      Antarmuka Pemakai
Pada masa generasi awal, PC menggunakan antarmuka yang dinamakan command-driven. Pada antarmuka ini, pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetik sendiri perintah yang dikehendaki agar komputer melaksanakan tugasnya.
Dan pada saat ini, untuk mempermudah pemakai dibuatla jenis antarmuka lain yang dikenal dengan sebutan GUI(Graphical User Interface). GUI mengandalkan piranti yang isebut mouse untuk melaksanakan pemilihan perintah yang dikemas dalam bentuk menudan ikon.

Sumber : Buku Pengenalan Teknologi Informasi, Andi

4.      Perangkat Lunak Aplikasi

4.1    Word Processing
Adalah perangkat lunak yang fungsi utamanya untuk membuat dokumen, mengolah teks ataupun memformat teks. Dalam prakteknya kemampuan pengolah kata sangat bervariasi, ada yang memberikan fasilitas membuat tabel, menyimpan dokumen ke dalam bentuk HTML, dan sebagainya. Conton beberapa nama pengolah kata yaitu Microsoft Word, Wordstar, WordPerfect, OpenOffice Writer.

4.2  Spreadsheet
Perangkat lunak ini mempunyai tampilan yang khas yaitu berupa sekumpulan sel. Setiap sel mempunyai alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Pada sel ini dapat ditulis data, huruf, angka. Terdapat rumus yang beragam untuk melakukan perhitungan. Contoh beberapa spreadsheet yaitu Microsoft Excel, Lotus 123, OpenOffice Calc, Quattro Pro.

4.3  Dekstop Publishing
Adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh percetakan untuk menghasilkan produk cetakan seperti brosur atau kartu undangan. Contoh aplikasi ini yaitu Corel Draw, FrameMasker, InDesign.

4.4  Presentasi Grafik
Perangkat lunak ini berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Contoh beberapa presentasi grafik yaitu  Microsoft PowerPoint, Presentation, Impress, Macromedia Flash
4.5  Komunikasi
Perangkat lunak komunikasi ini berguna untuk melakukan komunikasi antar orang melalui surat elektronik. Contoh yaitu PerfectOffice, Outlook Express.

4.6  Manajemen Data
Adalah program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Beberapa contohnya yaitu  Microsoft Access, Base, SQL Server, Paradox.
4.7  Software Suite
Adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal yaitu Microsoft Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice.

Sumber : http://internet.artikel2.com/software.htm diakses pada Jum’at, 07 Oktober 2012 pada pukul 00.38 WIB.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar