Senin, 17 Desember 2012

Telekomunikasi


Telekomunikasi
1.      Peranan Telekomunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online karena kehadirannya.
Sejauh ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi, antara lain berupa:
  ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine)

ATM adalah alat yang digunakan oleh bank untuk memudahkan para nasabah dalam pengambilan uang. Atau lengkapnya ATM merukan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.

  Telekonferensi
Telekonferensi adalah  pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi
Sumber: http://komputer.iklankecil.com/pengertian-teleconference.htm diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 06.05 wib
 Telekommuting                                                                                                              Telekommuting adalah suatu cara dimana pekerjaan tidak dilakukan di dalam kantor
  Komputasi group kerja .
Komputasi group kerja adalah grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan masalah.
  EDI (Elektronic Data Interchange)
EDI adalah seuatu sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen dikirimkan ke perusahaan lain.
Perbankan Internet (Internet Banking), belanja secara elektronis (e-commerce), dan pembelajaran jarak jauh (e-learning) merupakan contoh lain yang tercipta karena adanya sarana telekomunikasi.
Berbagai peralatan informasi (information appliance) yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi melalui sarana telekomunikasi juga telah tercipta; misalnya Internet TV, yaitu peralatan yang memungkinkan televisi dapat digunakan untuk mengakses Internet.
catatan: Selain istilah telekomunikasi, terdapat istilah sejenis yaitu komunikasi data. Komunikasi data hanyalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan perpindahan data/informasi dalam bentuk digital dari suatu peranti ke peranti yang lain.
Sumber: http://fitriansyah76.wordpress.com/2008/09/25/peranan-telekomunikasi/  diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 05.55 WIB
2.      Mengenal Jenis Isyarat
1)      Isyarat Analog
Biasa disebut isyarat kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dengan ciri memiliki amplitudo dan frekuensi.
2)      Isyarat Digital
Biasa disebut isyarat disket yang tersusun atas dua keadaan disebut bit yaitu keadan 0 dan keadaan 1.
3.      Laju Data
Berkaitan dengan kecepatan data,terdapat dua istilah yang terkadang sering dipertukarkan  dan sesungguhnya berbeda.kedua istilah yang dimaksud adalah:
1.      Laju bit (bit rate) : menyatakan jumlah bit perdetik
2.      Laju baud: menyatakan kecepatan isyarat (baik analog maupun digital) yang melaui kanal.
Sebuah kanal yang memiliki baud b tidak selalu mentranmisikan b bit per detik, karena masing-masing isyarat bisa saja membawa beberapa bit.

Apabila setiap nilai amplitude menyatakan sebuah bit. (misalnya amplitudo positif menyatakan bit 1 dan amplitude negatif menyatakan bit 0), maka baud sama dengan laju bit. Namun bila terdapat empat macam tegangan yang digunakan untuk mereprensentasikan nilai biner 00 01, 10, dan 11(disebut dibits ), laju bit sebesar dua kali baud. Jika terdapat delapan macam tegangan, isyarat dapat di gunakan untuk membawa tiga buah bit. Pada keadaan seperti ini, laju bit adalah sebesar tiga kali laju baud. Sebagai contoh, sebuah modem dapat memudolasi sederet bit digital dan mengalirkan 2400 bit per detik dengan menggunakan isyarat berlaju sebesar 600 baud.

4.      Spektrum frekuensi dan lebar-jalur
Spektrum frekuensi suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang dikanding oleh isyarat.Lebar jalur yang semakin kecil akan menghasilkan kualitas isyarat digital yang semakin jelek.

Sumber: http://kelompoksembilan.blogspot.com/2008/05/laju-data.html  diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 06.12 WIB
5.      Transmisi Serial dan Paralel
1.      Transmisi serial
Dimana transmisinya pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan secara bergantian.
2. Transmisi Paralel
Dimana transmisi sejumlah bit dikirimkan per waktu.

6.      Konfigurasi Jalur Komunikasi
         Titik-ke-titik(point to point) menghubungkan secara  khusus dua peranti yang hendak berkomunikasi
         Multititik(multipoint) menyatakan hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi

7.      Arah Transmisi
Arah transmisi menyatakan arah isyarat dalam media transmisi.mode transmisi dapat berupa:
  • simplex
  • half-duplex
  • full-duplex
Transmisi Simplex
Pada mode transmisi simplex,isyarat dalam jalur atau media transmisi berjalan satu arah.mode ini seperti ini dapat dibayangkan sebagaimana hanya jalan sebuah satu arah.
Transmisi Half-duplex
Media transmisi yang bersifat half-duplex (HDX)mendukung pengiriman isyarat dengan dua arah,tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan.
Transmisi Duplex
Mode transmisi full-duplex (FDX) adalah mode transmisi yang memungkinkan isyarat berjalan dalam dua arah pada waktu yang bersamaan.keadaan ini seperti jalan yang mendukung lalu lintas dua arah.

Sumber: http://www.andriyuska.com/2011/12/komunikasi-data-dan-jaringan-komputer.html  diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 06.10 WIB
8.      Mode Transmisi
·         Transmisi asinkron mengirimkan data per karakter.Setiap karakter ditandai dengan bit pemulai,bit pengakhir,serta bit pemeriksa kesalahan.
·         Transmisi sinkron mengirimkan data per blok(sejumlah karakter).

9.      Pensaklaran
Pensaklaran adalah dua buah simpul yang berkomunikasi di dalam suatu jaringan.Ada beberapa teknik yang digunakan untuk melakukan pensaklaran yaitu:

v  Pensaklaran rangkaian (Circuit Switching)
Pensaklaran yang menghubungkan satu simpul dengan simpul lainnya hanya pada saat ada permintaan hubungan.
v  Pensaklaran paket (Paket Switching)
Pensaklaran yang setiap paket dikirimkan secara terpisah dan dapat melalui sejumlah simpul.
v  Pensaklaran paket cepat (Fast Packet Switching)
  a.      Frame relay
Frame relay mendukung hingga 9.000 byte dan sedikit pemeriksaan kecil
  b.      Cell relay
Cell relay biasa disebut dengan ATM (asynchoronous transfer mode ) yang dirancang untuk menangani pengiriman paket dengan kecepatan di atas 1,544 Mbps.

10.  Multiplexing
Multiplexing adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi.Proses ini dapat dilakukan dengan dua teknik yaitu:
a)    FDM (Frequency-dividion multiplexing)  yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk.
b)   TDM (Time-division multiplexing) yaitu media transmisi yang hanya memiliki satu jalur.

11.  Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima,untuk melintaskan isyarat.Media ini dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1.      Media berkabel merupakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel.
a.      Kabel pasangan terpilin(twisted-pair) biasa disebut kabel telepon.
         UTP (Unshielded twisted pair)
         STP (shielded twisted pair)
b.      Kabel  koaksial merupakan penghantar yang terbuat dari tembaga pada bagian inti.
c.       Kabel serat optik merupakan kabel yang membawa isyarat data dalam bentuk berkas cahaya.
2.      Media tak berkabel merupakan media transmisi yang tidak menggunakan kabel.Contoh dari media ini adalah:
a.      Mikrogelombang
adalah bentuk glombang radio yang memiliki frekuensi tinggi (dalam satuan GigaHertz), meliputi kawasan UHF, SHF, EHF.
b.      Satelit
Sebenarnya adalah mikrogelombang. Dalam hal ini satelit bertindak sebagai stasiun relai yang berada di angkasa, dengan ketinggian kira-kira 480-22000
c.       Gelombang radio
dengan gelombang radio pengirian isyarat dapat dilakukan dengan sembarang posisi dan dimungkinkan dengan posisi yang bergerak.
d.      Inframerah
media ini biasa digunakan dalam jarak dekat yaitu sekitar 4 Mbps. Penggunaan umum yaitu untuk pengendalian jarak jauh(remote control) terhadap televisi dan peralatan audio-video.

Sumber:  http://nurindahnugrahani.blogspot.com/2012/10/telekomunikasi.html  diakses pada Senin, 17 Desember 2012 pada pukul 02.32 WIB
12.  Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua buah simpul (pada umumnya komputer) yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data.Manfaat penggunaan jaringan komputer yaitu:
1.      Berbagi perangkat keras
2.      Berbagi program data
3.      Mendukung kecepatan berkomunikasi
4.      Memudahkan pengaksesan informasi
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

- Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

- Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.


2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

- Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

- Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

- Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.


3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

- Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.


-Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.


4. Berdasarkan media transmisi data

- Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

- Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Sumber: http://alfandra.blogspot.com/2007/09/pengenalan-dasar-tentang-jaringan.html diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 06.17 WIB
13.  Klasifikasi jaringan komputer dilihat dari jangkauan geografis
Apabila jaringan komputer ditinjau berdasarkan jangkauan geografis maka dapat dibagi menjadi berbagai jenis, antara lain PAN, LAN, MAN, WAN, internet.
1. Personal Area Network (PAN)
Personal Area Network sering disingkat menjadi PAN , adalah jaringan komputer berdasarkan jangkauan (rentang) geografis yang digunakan untuk komunikasi dengan peralatan komputer lainnya (contohnya printer, modem, handpone, PDA, Bluetooth dll).
2. Local Area Network (LAN)
Local Area Network , merupakan jaringan komputer milik pribadi yang menckup area dalam satu ruangan, sebuah gedung atau kampus. Jangkauan dari  jaringan komputer  Local Area Network(LAN)  berkisar 10 Km dan media transmisi pada jaringan komputer ini berupa kabel. Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut dengan wireless LAN (LAN tanpa kabel). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk  memakai bersama suberdaya (resource, missal printer) dan saling bertukar data.
3. Metropolitan Area Network (MAN)
Pada dasarnya teknologi yang digunakan di jaringan komputer Metropolitan Area Network (MAN) hampir sama dengan Local Area Network (LAN). Perbedaannya adalah luas jangkauan yang dimiliki oleh Metropolitan Area Network lebih besar dari pada Local Area Network, jangkauan metropolitan area network berkisar 10-45 Km. Biasanya metropolitan area network digunakan untuk menghubungkan kantor,kampus atau bank yang terletak dalam satu kota dan berbeda lokasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan swasta atau umum. Jaringan ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).
4. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network , jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua.WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.Misalnya jaringan yang menghubungkan ATM.
Sumber : http://kartikoedhi.wordpress.com/2010/02/01/jaringan-berdasarkan-rentang-geografis/ diakses pada, Selasa 18 Desember 2012 pada pukul 07.45 WIB
14.  Topologi Jaringan
merupakan suatu cara untuk menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan. Model dari topologi jaringan yang ada antara lain: Star, Loop, ring dan Bus.
·         Topologi Star
Pada topologi ini LAN terdiri dari sebuah cntral node yang berfungsi sebagai pengatur arus informasi dan penanggung jawa komunikasi dalam suatu jaringan. Jadi jika node yang satu ingin berkomunikasi dengan node yang lain maka harus melalui sentral node. Fungsi central node disini sangat penting, biasanya dalam sistem ini harus mempunyai kehandalan yang tinggi.
·         Topologi Bus
Pada topologi bus ini, node yang satu dengan node yang lain dihubungkan dengan jalur data atau bus. Semua node memiliki status yang sama antara satu dengan yang lainnya.
·         Topologi Loop
Topologi Loop ini menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Semua node memiliki status yang sama.
Pada topologi loop ini, setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang berbeda-beda. Topologi ini memiliki kelemahan, jika salah satu node rusak maka akan dapt menyebabkan gangguan komunikasi antar node satu dengan yang lainnya.
·         Topologi Ring
Topologi ring atau topologi cincin ini merupakan topologi hasil penggabungan antara topologi loop dengan topologi bus. Keuntungannya adalah bahwa jika salah satu node rusak, maka tidak akan mengganggu jalannya komunikasi antar node karena node yang rusak tersebtu diletakkan terpisah dari jalur data.
15.  Protokol Komunikasi

Protokol dipergunakan untuk proses komunikasi data dari sistem-sistem yang berbeda-beda. Protokol merupakan sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi tersebut supaya komunikasi dapat berjalan dan dilakukan dengan benar.
Beberapa hal yang berhubungan dengan tugas-tugas protokol antara lain:
Mengaktifkan jalur komunikasi data langsung, serta sistem sumber harus menginformasikan identitas sistem tujuan yang diinginkan kepada jaringan komunikasi.
Sistem sumber harus dapat memastikan bahwa sistem tujuan benar-benar telah siap untuk menerima data.
Aplikasi transfer file pada sistem sumber harus dapat memastikan bahwa program manajemen file pada sistem tujuan benar-benar dipersiapkan untuk menerima dan menyimpan file untuk beberapa user tertentu.
Bila format-format file yang dipergunakan pada kedua sistem tersebtu tidak kompatibel, maka salah satu satau sistem yang lain harus mamapu melakukan fungsi penerjemahan format.
Standarisasi Protokol
Beragamnya berbagai komponen dan perangkat komputer dalam suatu jaringan, membutuhkan suatu standard protokol yang dapt digunakan oleh beragam perangkat tersebut. Modedl OSI (Open Systems Interconnection) dikembangkan oleh ISO(International Organization for Standardization) sebagai model untuk arsitektur komunikasi komputer, serta sebagai kerangka kerja bagi pengembangan standard-standard protokol. Model OSI terdiri dari tujuh lapisan, yaitu :
1)      Application
2)      Presentation
3)      Session
4)      Transport
5)      Network
6)      Data Link
7)      Physical
Penjelasan dari ketujuh lapisan OSI diatas dijelaskan sebagai berikut :
1. Application Layer
Merupakan lapisan yang menyediakan akses ke lingkungan OSI bagi pengguna serta menyediakan layanan informasi terdistribusi.
2.    Presentation Layer
Menyediakan keleluasaan terhadap proses aplikasi untuk bermacam-macam representasi data. Juga melakukan proses kompresi dan enkripsi data agar keamanan dapat lebih terjamin.
3.    Session Layer
Menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi diantara aplikasi-aplikasi; menentukan, menyusun, mengatur dan mengakhiri sesi koneksi diantara aplikasi-aplikasi yang sedang beroperasi.
4.    Transport Layer
Menyediakan transfer data yang handal dan transparan diantara titik-titik ujung; menyediakan perbaikan end to end error dan flow control.
5.    Network Layer
Melengkapi lapisan yang lebih tinggi dengan keleluasaan dari transmisi data dan teknologi-teknologi switching yang dipergunakan untuk menghubungkan sistem; bertugas menyusun, mempertahankan, serta mengakhiri koneksi.
6.    Data Link Layer
Menyediakan transfer informasi yang reliabel melewati link fisik; mengirimi block (frame) dengan sinkronisasi yang diperlukan, kontrol error, dan flow control.
7.    Physical Layer
Berkaitan dengan transmisi bit stream yang tidak terstruktur sepanjang media physical (physical medium); berhubungan dengan karakteristik prosedural, fungsi, elektris, dan mekanis untuk mengakses media fisikal.
Sumber: http://zzzfadhlan.wordpress.com/2011/11/27/bab-7-komunikasi-data/  diakses pada Sabtu, 15 Desember 2012 pada pukul 02.37 WIB
16.  Interkoneksi Antar Jaringan

epeater
Repeater adalah peranti yang berfungsi untuk memulihkan isyarat yang agak cacat. Biasa digunakan pada jaringan bertopologi bus atau cincin untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

Bridge
Bridge diperlukan untuk menghubungkan dua buah LAN yang bertopologi berbeda (misalnya bus dan cincin). Kelebihan peranti ini adalah menjadikan lalu lintas lokal masing-masing jaringan tidak saling terpengaruh. Berbeda dengan repeater, bridge dapat memisahkan antarjaringan sekiranya memang tidak ada permintaan hubungan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

Router
Router merupakan peranti yang memungkinkan kita untuk:
* Menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.
* Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi lain.
* Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan mudah dikelola.
Memungkinkan jaringan perusahaan dihubungkan ke Internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja di luar perusahaan.
* Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan.
* Melindungi jaringan kita dari pemakai-pemakai yang tak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data kita.

Gateway
Peranti ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol yang sama sekali berbeda. Contoh penggunaan gateway adalah untuk menghubungkan jaringan SNA (IBM) dan jaringan yang menggunakan sistem operasi jaringan NetWare (Novell).

Brouter
Brouter adalah peranti yang dapat bertindak sebagai router maupun bridge.



Sumber : http://technodunk.blogspot.com/2010/07/interkoneksi-antarjaringan.html diakses pada Selasa, 18 Desember 2012 pada pukul 08.00 wib
ads not by this site

Tidak ada komentar:

Posting Komentar